6 Tip Mendesain Model Rumah Modern 1 Lantai Bergaya Skandinavia

Category : Design Rumah

model rumah modern 1 lantaiKonsep interior Skandinavia sedang menjadi model rumah modern 1 lantai yang diminati masyarakat Indonesia. Permainan warna-warna pastel, furnitur minimalis, hingga dekorasinya yang tanpa basa-basi mampu bikin siapa saja jatuh hati. Hal ini tak terlepas dari kebiasaan masyarakat di Denmark, Swedia, Finlandia, dan Norwegia yang menyukai konsep-konsep ramah lingkungan.

Karena praktis, desain Skandinavia bakal sesuai dengan hunian 1 lantai. Berikut sejumlah tip yang dapat Anda terapkan segera buat mempercantik rumah.

1. Memakai warna-warna bersih nan lembut

Kendati opsi warna pada desain ini terbatas, tetapi Anda masih bisa memainkan warna-warnanya. Salah satu kombinasi yang sering digunakan adalah putih, cokelat, dan abu-abu. Anda dapat memadukannya lewat dinding ruangan, perabot yang dipilih, hingga ornamen yang akan menghiasi rumah.

2. Tambahkan warna lain sebagai aksen interior

Selain mengandalkan warna-warna utama, Anda bisa memilih beberapa warna sekunder sebagai aksen pada interior hunian. Misalnya, menggunakan merah muda lembut pada sarung bantal sofa, karpet putih berpola garis biru langit, hingga taplak meja bermotif geometri untuk menyemarakkan ruangan.

3. Menggunakan furnitur-furnitur esensial

Rumah-rumah bergaya Skandinavia jauh dari perabot berpola rumit. Desain ini mengedepankan furnitur esensial atau yang benar-benar dibutuhkan. Makanya, ruangan akan terlihat lebih lapang. Sesuai dengan kebutuhan Anda yang membutuhkan model rumah modern 1 lantai yang tak sempit.

4. Membubuhkan tekstur berantakan

Berbeda dari desain minimalis yang lebih sering memakai tekstur permukaan licin nan polos, desain rumah Skandinavia justru selalu bermain di ranah tersebut. Kesan ‘berantakan’ dapat Anda hadirkan melalui perangkat ranjang dengan kain linen maupun wol.

5Manfaatkan tumpukan buku tak terpakai

Punya buku bekas atau usang yang tak akan dibaca lagi? Daripada dibuang, manfaatkan saja sebagai ornamen rumah. Susun rapi pada rak tanam secara acak atau buat menjadi tingkat tak beraturan di satu sudut ruangan. Kalau ada buku hardcover, jadikan sebagai alas lampu meja atau alas benda serupa.

6. Tanaman hijau sebagai dekorasi ruangan

Selain dominasi material kayu, hunian berkonsep Skandinavia juga kerap menempatkan tanaman-tanaman hijau sebagai dekorasinya. Bonsai, kaktus mini, janda bolong, lidah mertua, dan karet kebo adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dipilih. Simpan dalam pot mini di sudut ruangan tertentu.

Desain Skandinavia sebagai desain rumah eco-friendly

Bukan tanpa alasan desain interior Skandinavia diplih untuk hunian eco-friendly. Selain pemilihan warna, material, dan dekorasi, rancangan rumah dari daratan utara Eropa ini juga mengandalkan pencahayaan alami. Untuk model rumah modern 1 lantai, buat beberapa bukaan di dekat dapur dan taman belakang. Pastikan juga bukaan-bukaan tersebut menghadap langsung ke sumber matahari. Pemakaian listrik pun akan lebih terjaga.

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Leave a Reply