Model Rumah Minimalis Satu Lantai

Category : Design Rumah

model rumah minimalis satu lantaiBelakangan model rumah minimalis satu lantai semakin diminati masyarakat. Hunian dengan konsep sederhana memang digemari karena beberapa hal, antara lain karena faktor tren hingga perawatannya yang lebih praktis. Anda yang mempunyai penghasilan terbatas, tetapi ingin segera membeli properti pribadi juga pasti bakal menyukai rumah minimalis.

Lahan yang harganya semakin mahal dan sukar didapatkan lantas menggeser tren ke rumah berlantai satu yang lebih terjangkau. Namun, jangan anggap remeh hunian satu lantai. Pasalnya, dengan desain tepat, Anda akan memperoleh tempat tinggal nyaman sekaligus kekinian. Berikut ini ada 3 model rumah minimalis satu lantai yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

  1. Hunian berkonsep Skandinavia

Pernahkah Anda melihat rumah-rumah di kawasan Skandinavia? Sebagian besar hunian di utara Eropa mengedepankan konsep minimalis dengan warna-warna netral seperti putih, krem, atau cokelat. Selain itu, desain interior yang mereka aplikasikan memiliki sentuhan elegan tanpa meninggalkan kesan simpel yang membuatnya tampak luas. Konsep Skandinavia juga biasanya mengandalkan furnitur-furnitur kayu tanpa banyak detail dengan ornamen dinding besar agar ruangan tidak terlalu sepi. Tidak sedikit rumah minimalis di Indonesia yang sudah menggunakan desain ini, lho!

  1. Hunian berkonsep shabby chic

Sekilas, desain shabby chic terlihat seperti Skandinavia. Hanya saja, model rumah minimalis satu lantai ini menggunakan furnitur yang terkesan sudah dipakai (worn out). Makanya, banyak yang memadukan shabby chic dengan hal-hal berbau vintage. Warna-warna pastel dipilih untuk hunian bergaya shabby chic, sehingga menimbulkan sentuhan lembut pada ruangannya. Kemudian, Anda bisa memakai motif seperti bunga atau dedaunan yang tak terlalu rumit pada beberapa furnitur atau ornamen dengan warna senada. Pilihlah perabot yang tak terlalu besar supaya ruangan juga terlihat lebih luas.

  1. Hunian berkonsep modern

Bisa dikatakan desain minimalis fleksibel, karena dapat dikombinasikan dengan desain masa saja termasuk modern. Bagi Anda yang ingin bermain warna atau komponen, maka perpaduan konsep ini bakal sangat cocok dengan selera dan kebutuhan. Misalnya, memilih lantai kayu dengan meja yang terbuat dari marmer putih. Jika Anda ingin menggabungkan dua ruangan di satu lokasi—contohnya ruang makan dengan ruang keluarga—gunakan warna-warna berbeda untuk menegaskannya. Dengan begitu, ruangan tadi tak akan terlalu ramai, tetapi juga sedap dipandang bila kombinasinya pas.

Tip: perencanaan tata ruang dan storage

Karena lahan terbatas, rumah satu lantai tidak memberikan banyak ruang. Anda bisa menyiasatinya melalui beberapa langkah. Misalnya menempatkan coffee table berukuran kecil di tengah ruangan dan rak tanam yang seakan-akan menjadi pelengkap sofa. Penekanan dekorasi pada model rumah minimalis satu lantai juga harus Anda perhatikan baik-baik agar kesan hangat nan nyamannya tidak memudar.

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Leave a Reply