5 Inspirasi Gambar dan Desain Rumah Minimalis Smart Living

Category : Design Rumah

Gambar dan Desain Rumah MinimalisBanyaknya jumlah gambar dan desain rumah minimalis yang tersebar di jagat maya kadang membuat siapa saja bingung. Variasi konsep hingga inovasi yang terus bermunculan mempersulit pengambilan keputusan, sementara waktu yang tersedia terbatas.

Di sinilah Anda perlu mengetahui kebutuhan yang diharapkan ada pada hunian tersebut. Apabila Anda menginginkan rumah minimalis yang menjunjung kepraktisan dan fungsionalitas, bisa jadi konsep smart living adalah gaya yang Anda cari. Berikut ini sejumlah inspirasi yang dapat Anda aplikasikan.

1 Bertransformasi dengan furnitur lipat

Di Jepang, furnitur lipat bukanlah komponen baru dan dapat mudah dijumpai. Konsep inilah yang lantas diaplikasikan pada hunian smart living, terutama kalau lahan yang Anda miliki tidak terlalu luas. Tempat tidur lipat yang juga berperan sebagai lemari pajang yang menempel ke dinding adalah salah satu jenis furnitur yang bisa Anda temukan saat mencari referensinya di Google.

2. Tempat penyimpanan vertikal serbaguna

Storage menjadi masalah yang sering kali dikeluhkan pada hunian minimalis. Apalagi kalau Anda punya banyak barang dan membutuhkan tempat penyimpanan berkapasitas besar. Dalam konsep smart living, kendala tersebut bisa diatasi dengan storage vertikal yang serbaguna. Trik ini mudah diaplikasikan sebab yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan sebuah dinding sebagai deretan lemari modular.

3. Ruang lapang dengan furnitur melayang

Jika Anda melihat gambar dan desain rumah minimalis, ada sejumlah ruangan mungil yang tampak luas berkat penempatan furnitur-furnitur melayang. Tentu saja furniturnya tak benar-benar terbang, hanya didesain tanpa kaki, sehingga bisa ditempelkan atau digantung pada ruangan tersebut. Langkah ini bisa Anda terapkan di ruang keluarga yang acap kali diisi banyak barang.

4. Optimalkan lahan dengan konsep mezanin

Mezanin merupakan konsep yang memanfaatkan tempat tidur atau menjadikannya sebagai bagian arsitektur bangunan. Anda perlu memastikan jarak antara plafon dengan dasar mezanin ideal supaya Anda nyaman menempatinya. Tinggi mezanin juga bisa disesuaikan dengan tinggi badan Anda supaya tak ada kendala saat beristirhat.

5. Ciptakan ilusi luas dengan instalasi cermin

Tak diragukan lagi kalau kaca dan cermin memberikan ilusi optik terbaik untuk hunian minimalis. Akan tetapi, beberapa orang masih belum tahu posisi yang tepat untuk menaruh cermin. Untuk menghindari kesalahan, tempatkan cermin yang sudah Anda siapkan di atas sofa denagn dinding yang berhadapan untuk memberikan kesan luas. Instalasi cermin di samping storage juga akan mencegah kesan penuh.

Walau tampak mudah, kenyataannya penerapan konsep smart living tak akan berjalan kalau komitmen Anda pada tipe hunian kurang terjaga. Jadi, jangan sampai Anda hanya semangat mencari gambar dan desain rumah minimalis, sementara saat penerapannya malah sembarangan atau tidak mematuhi aturan desainer.

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Leave a Reply