Perhatikan 4 Hal Ini Saat Membuat Denah Rumah Sangat Sederhana Minimalis

Category : Design Rumah

Ada tiga prinsip yang harus dipenuhi saat membangun rumah sederhana minimalis. Diantaranya, ekonomis, penggunaan ruang yang efisien dan fleksibel. Dengan mengetahui prinsip ini, akan lebih mudah bagi Anda membuat denah rumah sangat sederhana minimalis dari gagasan yang Anda miliki sendiri. Tanpa harus bertemu arsitek yang memberikan tarif sangat mahal, Anda dapat membuat denah rumah minimalis dengan tetap memperhatikan dasar-dasar desain rumah yang ada.

Pentingnya membuat denah rumah minimalis

Denah rumah menjadi tahap awal perencanaan pembangunan. Untuk itu pembuatannya tidak asal-asalan. Untuk membuatnya juga diperlukan ketelitian dan usaha yang cermat. Dalam proses pembuatannya membutuhkan data dan informasi yang cukup kompleks dan akurat. Dari mulai ukuran tanah, luas bangunan yang diinginkan, kebutuhan ruang, desain, bujet yang dimiliki hingga jumlah lantai yang diinginkan. Pastikan semua kebutuhan tersebut telah disiapkan saat denah rumah dibuat

Tips membuat denah rumah sangat sederhana minimalis

  1. Buat daftar kebutuhan ruang, buang yang tidak perlu.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat denah adalah membuat daftar kebutuhan ruang. Kebutuhan ruang hunian diantaranya ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur dan masih banyak lagi. Untuk rumah minimalis, buang ruangan yang tidak perlu. Hanya masukkan ruang utama seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

  1. Jangan banyak bangun sekat. Dengan ruangan yang cukup banyak, Anda tentu menginginkan sekat-sekat untuk menjaga privasi. Namun lupakan sekat untuk rumah minimalis. Rumah yang minim sekat akan membuatnya tampak lebih luas dan longgar. Terbayang bagaimana rumah dapat dibangun minim sekat? Ingat, bahwa sekat tidak hanya berupa tembok beton tebal yang membatasi tiap ruangan. Sekat dapat berupa menambahkan perabot seperti rak buku atau justru hiasan tirai buatan yang menjuntai ke bawah.
  2. Perbanyak jendela. Penggunaan AC menjadi alternatif menyediakan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Untuk rumah sederhana minimalis, lupakan hal tersebut. Dari pada menggunakan AC, buatlah rumah dengan jumlah jendela yang cukup banyak. Jangan hanya di ruang tamu saja, namun juga kamar tidur, dinding samping, dinding belakang dan seterusnya. Selain membuat sirkulasi udara lebih lancar, penggunaan jendela cukup banyak juga membuat rumah lebih terang, lega dan lapang.
  3. Segera tuangkan di atas kertas. Kemampuan mengingat seseorang sangat terbatas. Mempercayai ingatan sama saja dengan menghancurkan ide desain rumah minimalis yang Anda rencanakan. Jangan hanya berangan-angan, melainkan tuangkan dalam kertas. Buat sketsa kasar untuk mendukung ingatan Anda. Letakkan daftar ruang yang Anda buat ke dalam denah. Ukur masing-masing ruang dan pastikan denah rumah sangat sederhana minimalis yang Anda buat, mampu menampungnya.

Sebagai tahapan awal pembangunan, pembuatan denah harus cermat, detail dan teliti. Meski begitu tidak berarti juga denah harus sangat sempurna untuk dapat memulai pembangunan rumah. Anda dapat mencari referensi melalui internet hingga majalah rumah untuk mendapat ide rumah sederhana minimalis sesuai keinginan. Ide yang Anda dapat harus dituangkan ke dalam kertas dengan beberapa tips di atas sehingga kesuksesan pembangunan rumah sederhana minimalis impian Anda lebih terjamin.

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Leave a Reply